Microsoft Word adalah program pengolahan kata untuk berbagai macam bentuk pengetikan. Beberapa hal menarik yang kita pelajari pada program ini, contohnya fasilitas penggabungan grafik dan teks, penggabungan tabel spreadsheet dan teks, dan masih banyak lagi.
Langkah-langkah:
Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat tugas latihan 1 pada Modul 1 tentang Mengenal Ms. Office Word:
¦  Buat dulu ukuran kertas dan halamannya:
-      Atur ukuran kertasnya. Untuk ukuran kertas, klik Page Layout klik Size bisa juga dengan Margins → Custom Paper Sizes → Paper → Paper Size → (pilih A4) → Ok.
-      Untuk ukuran halaman, klik Page Loyout klik Margins → Custom Margins → Margins (top 2, right 2, left 2, bottom 2) pilih Potrait → Ok.
¦  Membuat garis pinggir agar nampak apabila diprint dengan cara, klik Home → Klik Page Borders → Box → Style (pilih garis yang ingin kita tampilkan) → Width  klik ukuran ½ Pt → Options → Klik text pada Measure From → Ok.
¦  Gunakan Line Spacing berukuran 1,5. Caranya klik Home → Line Spacing → pilih dan klik 1,5.
¦  Agar tidak repot, dalam langkah ini usahakan mengetik dahulu baru diblok dan diformat. Langkah-langkah mengetik naskahnya yaitu sebagai berikut:
-      Paraghraf ke-1. Untuk memformatnya, gunakan Toolbar Formating Tab Home pilih type perataan Center Text(rata tengah).
-      Paraghraf ke-2 (Judul). Diblok Klik Home → Font (klik sebelah kanan pojok bawah/berbentuk anak panah) → Character Spacing → Spacing → Pilih Expanded → tentukan jarak spacing gunakan by → Ok. Gunakan perataan Center Text (rata tengah).
-      Paraghraf ke-3 (bawah judul). Caranya sama seperti paraghraf ke-2, hanya untuk memberi warnanya gunakan Home → Text Highlight Color (pilih warnanya) klik.
-      Paraghraf ke-4. Untuk mengubah huruf kecil ke huruf capital, gunakan Caps Lock pada keyboard gunakan perataan Align Text Left (rata kiri).
-      Paraghraf ke-5 gunakan perataan Align Text Right (rata kanan).
-      Paraghraf ke-6. Gunakan Ctrl + B pada keyboard untuk menebalkannya dan gunakan Ctrl + B  kembali untuk kembali normal. Bisa juga dengan mengklik Home → B (Bold/tebal). Gunakan perataan Center Text.
-      Paraghraf ke-7. Gunakan Ctrl + B pada keyboard untuk menebalkannya dan gunakan Ctrl + B  kembali untuk kembali normal. Gunakan Ctrl + I pada keyboard untuk text yang berposisi miring dan gunakan Ctrl + I  kembali untuk kembali normal. Bisa juga dengan mengklik Home → pilih I (italic). Untuk garis bawah gunakan Ctrl + U pada keyboard dan gunakan Ctrl + U kembali untuk kembali normal. Bisa juga dengan mengklik Home → U (Underline). Gunakan perataan Justify Text.
-      Paraghraf ke-8. Gunakan Ctrl + I → Align Text Righ.
Dengan demikian, langkah membuat naskah pada latihan Modul 1 Mengenal Microsoft Office Word telah selesai dan hasil siap dilihat. Berikut adalah hasil dari langkah-langkahnya:



        Hasil Modul 1:
 
Berkomunikasi memang mengasyikkan, apalagi menggunakan telepon. Urusan kerabat dan bisnis pun bisa mudah dilakukan meskipun lawan bicara berada nan jauh disana. Tak ayal, perangkat yang dibuat oleh Alexander Graham Bell ini makin berkembang dari hari kehari.
VoiP
Teknologi untuk berkomunikasi yang lebih murah

JIKA DIBANDINGKAN saat pertama kali ditemukan, telepon jauh berbeda. Jika dulu penggunanya dibatasi dengan cakupan area, kini siapa pun bisa bertelepon ke berbagai penjuru dunia.
Ini tidak lepas dari peran teknologi di balik perangkat telepon itu sendiri. Dengan kata lain makin tinggi teknologi yang diadopsi sebuah jaringan telepon, makin fleksibel penggunanya. Contoh yang paling nyata adalah ponsel. Berkat teknologi yang dimilikinya, pesawat telepon yang tadinya hanya berada di atas meja kini bisa berpindah ke saku anda.
Sayangnya di ballik keuntungan dan fleksibilitas yang ada, terdapat juga sejumlah kelemahan. Salah satunya harga. Faktor yang satu ini sangat sensitif, tetapi penting di perhatikan. Komunikasi yang baik, utamanya jarak jauh, memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit karena bersinggungan langsung dengan biaya insfrastruktur.
Yang harus dipikirkan saat ini, bagaimana menciptakan komunikasi skala global dengan biaya murah dengan ketersediaan insfrastruktur yang ada. VoiP (Voice over Internet Protocol) merupakan salah satu alternatifnya. Jika tepat merangcangnya, teknologi ini bisa menjadi pilihan baru untuk berkomunikasi yang lebih murah.

Info komputer (Onno W. Purbo Brama Setyadi Ristanto Wibowo)