1. Modul 2.1
Sebelumnya harus diketahui dulu yang termasuk dalam Perataan Paraghraf yaitu Perataan Kiri(Align Text Left), Perataan Tengah(Center text), Perataan Kanan(Align Text Right), Perataan Kanan Kiri/seimbang(Justify Text).
Langkah-langkah Modul 2.1:
Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan untuk membuat tugas latihan 2 pada Modul 2 tentang Pengaturan Paragraf, Penomoran, Dropcap, dan Border:
¦  Untuk membuat garis pinggir agar nampak apabila diprint sama caranya dengan modul 1 hanya saja gunakan pilihan Art dan pilih bingkai yang dimaksud jangan memilih yang Style.
¦  Langkah-langkah membuat naskahnya yaitu:
-      Ukuran kertasnya yaitu: width 16 cm, height 21 cm, untuk marginnya(batas pengetikan) Top 1 cm, Bottom 1 cm, Left 1 cm, Right 1 cm.
-      Pada text yang tertulis PT. ENCONTARA RAJAWALI gunakan Font (Algerian) → Font size ukuran 16 →  Bold (tulisan tebal) gunakan paraghraf Align Text Right (rataan kanan)
-      Pada kalimat Jl. Bengawan ........(dan seterusnya), gunakan paraghraf rataan kanan/Align Text Right.
-      Untuk gambar telepon dan titik tengah (∙) gunakan Insert →  klik Symbol →  More Symbols → Symbols →  Font (pilih Webdings) → pilih symbol É → klik → Insert. Untuk titik tengah (∙) sama caranya dengan cara mencari symbol telepon hanya saja gunakan pilihan Font(pilih normal text) →  pilih symbol ∙ →  klik → Insert. Rataan yang digunakan Align Text Right dan gunakan Ctrl+I untuk garis bawah.  
-      Untuk kepala surat gunakan format Border, langkahnya yaitu : diblok terlebih dulu pada kalimat yang ingin diberi kepala surat di bawahnya klik Page Layout → Page Border → Borders → Box → Style (pilih bentuk kepala surat yang diinginkan) → Preview (klik semua garis kecuali garis bawah sebagai kepala suratnya) → Ok.
-      Dalam penulisan Ercontara, huruf E terlihat lebih besar,tebal dan terletak dalam 2 baris, maka inilah yang di sebut Drop Cap. Caranya yaitu : klik tab Insert, pada group text klik Drop Cap → Drop Cap Options, maka akan muncul Kotak Dialog Drop Cap pilih Dropped → Lines to drop (gunakan 2 untuk 2 garisya), apabila kita menginginkan jarak pada character drop dengan baris yang didrop gunakan Distance from text kemudian pilih seberapa jaraknya → Ok. Gunakan Times New Roman dan Font Sizenya 32.
-      Untuk Penomoran gunakan perataan kiri kanan, cara untuk Penomoran yaitu klik Home → Numbering pada group paraghraf klik jenis nomor. Untuk jenis penomoran bertingkat gunakan Multilevel List → pilih 1.1. kemudian lanjut ketik text berikutnya. Untuk jenis penomoran bertingkat pada penulisan 1.1.1. klik Home → Increase Indent (untuk jenis penomoran mundur) pada group paragraf, tetapi sebelumnya jangan hapus nomor yang muncul otomatif setelah mengenternya. Untuk jenis penomoran bertingkat 1.2. gunakan Decrease Indent pada group paraghraf. Dan gunakan jenis penomoran bertingkat 2. Gunakan Decrease Indent pada group paraghraf.   
Dengan demikian hasil dalam membuat tugas latihan 2 pada Modul 2 tentang Pengaturan Paragraf, Penomoran, Dropcap, dan Border telah selesai. Berikut adalah hasil dari uraian langkah diatas:


   Hasil Modul 2.1:
 
 

Pt. ercontara rajawali
Jl. Bengawan No. 75 Jakarta Pusat 10150
( 021 3458539, 3804995    021 3524920 e-mail: wit@komvis.com
E
rcontara Rajawali adalah sebuah perusahaan penerbit buku yang berlokasi di Jakarta. Buku-buku yang diterbitkan adalah buku computer dan buku bidang keilmuan lainnya.
Melalui surat ini kami menawarkan buku-buku computer terbitan kami. Berikut ini buku-buku computer yang kami tawarkan:
1.      Microsoft Office
1.1.   Microsoft Office Word
1.1.1.      Microsoft Office Word 2000
1.1.2.      Microsoft Office Word 2003
1.1.3.      Microsoft Office Word 2007
2.      Program Pengolahan Gambar Vektor
2.1.   CorelDraw X3
2.2.   Macromedia Freehand

Direktur:

Ichwan A.




  1. Modul 2.2. Buku Paket Ms. Word Hal 103
Langkah-langkah:
¦  Sarana yang digunakan Center Text, Bold, Italic, Page Border, Border dan Drop Cap. Untuk ukuran kertas 16x21 dan ukuran margins Top 1 cm, Bottom 1 cm, Left  1 cm dan Right 1 cm.
¦  Untuk kata WIT yang bergaris/border langkah-langkahnya:
Blok kata WIT tersebut, Klik Tab Page Layout Page Borders Border Pada pilihan Preview klik semua yang bergaris atas, bawah, kanan dan kiri Apply to (pilih kata text) Ok.
¦  Untuk kata MENDIDIK ANDA BERPRESTASI, langkah-langkahnya sama seperti ketika membuat kata WIT diatas, hanya pada kata Apply to(pilih kata paragraph) dan untuk member warna disekeliling kata tersebut gunakan format Home Shanding(jenis paragraph).
¦  Pada kata WIT, kata W lebih besar 3 baris(format Drop Cap), caranya yaitu blok kata W, kemudian Insert Drop Cap Drop Cap Options pada Position pilih Dropped   Times New Roman(pada Font)   Lines to Drop(pilih angka 3) Ok.
¦  Untuk garis pinggir/Border klik Page Layout Page Borders   Borders Box Apply to (pilih kata paragraph) Ok 


HASIL MODUL 2.2
 
WIT
MENDIDIK ANDA BERPRESTASI
                                                                                                           
W

IT adalah seorang pengarang buku pelajaran yang telah menulis lebih dari seratus judul buku. Karena kakek, nenek dan orang tua yang beragama maka WIT menguasai empat bahasa daerah dengan fasih. Dengan latar belakang yang bervariasi seperti itu, kini WIT dapat cepat beradaptasi dengan logat bahasa apapun setelah menetap selama enam bulan di suatu daerah. Selain logikanya yang tinggi, WIT pandai melukis. Cita-citanya sejak duduk di sekolah dasar adalah meningkatkan Sumber Daya Manusia Indonesia. Sebagai seorang yang kebetulan dianugrahi kecerdasan yang baik oleh Allah, WIT tidak menyia-nyiakan karunia itu maka ia mempelajari dengan rajin semua yang diberikan oleh gurunya. Karena menginginkan SDM yang baik bagi bangsa Indonesia maka sejak di SD itu pula teman-temannya banyak menanyakan pelajaran sekolah yang mereka kurang mengerti dan WIT melayani mereka dengan tulus. Cita-citanya dilanjutkan dengan memilih profesi sebagai dosen. Menyadari sebagai dosen yang dapat mencerdaskan masyarakat di lingkungan terbatas, agar supaya dapat mencerdaskan SDM masyarakat Indonesia lebih meluas maka jadilah WIT seorang penulis buku. Berbekal pengalaman mengajar selama puluhan tahun terbaur dengan bahasa Indonesia yang luwes membentuk penjelasan yang pas sehingga tercipta buku-buku sarat informasi, jelas dan tanpa salah paham.